Kamis, 02 Mei 2013


Ada yang tau film BRAVE dari Disney dan Pixar?? Film kartun ini menceritakan tentang seorang Merida putri raja yang disiapkan untuk menjadi ratu yang memimpin empat klan terkuat lainnya. Suatu ketika Merida diharuskan menikah oleh ibunya (Sang Ratu) dengan salah satu putra dari keempat klan yang dipimpin Ayahnya (Sang Raja) guna menjaga perdamaian klan-klan tersebut. Namum, Putri Merida yang mempunyai jiwa yang bebas tentu saja menolak peraturan ini dengan mempermalukan ibunya didepan para klan dengan cara mengalahkan kompetisi memanah yang dipilihnya sendiri karna Ia memang menyukai memanah.
Kemarahan Sang Ratu menjadi-jadi, Merida pun marah karena orangtuanya tidak mau memdengar kemauannya. Dan akhirnya Ia melarikan diri kehutan dan bertemu dengan penyihir tua yang menyamar sebagai tukang ukir kayu. Putri Merida meminta ramuan yang bisa merubah ibunya dan dengan bahan-bahan aneh yang dicampurkan maka jadilah kue yang telah berisi ramuan yang dimintanya.
Kembali ke istana, Merida memberikan kue itu ke ibunya sebagai permintaan maaf. Tak lama setelahnya efek dari kue itu pun bekerja, ibunya mulai keracunan dan berubah menjadi beruang. Merida sangat terkejut, begitu pula ibunya yang telah berubah menjadi beruang. Ibunya meminta agar dikembalikan ke bentuk semula, maka mereka segera kembali kehutan dan meminta ramuan penangkalnya. Dan ternyata dihutan, rumah penyihir tua sudah hilang, namun ada pesan dalam teka teki kata yanng harus Ia pecahkan agar ibunya kembali dan Ia harus memecahkannya sebelum matahari terbit dihari selanjutnya, jika tidak maka ibunya akan menjadi beruang selamanya.
Merida dan ibunya yang beruang mencari makanan yang disediakan hutan, mulai dari buah berry beracun sampai ikan mentah. Dan disinilah kepanikan terjadi karena ibunya mulai menyerang Merida karena naluri beruangnya mulai menguasai dirinya. Merida muali takut dan sedih, takut kehilangan ibunya dan sedih karena ibunya berubah menjadi beruang sesungguhnya. Akhirnya Merida berhasil memecahkan teka teki dari penyihir tua, yang artinya Ia harus menyambung kembali permusuhan karna keegoisan dan keangkuhannya. Ia harus menjahit kembali karpet bergambar keluarganya yang Ia sobek ketika marah terhadap ibunya.
Waktu berjalan terus, masalah semakin menjadi-jadi karna mereka diserang oleh ayahnya yang ingin membunuh ibunya yang beruang karena tidak tahu bahwa itu istrinya dan juga serangan dari beruang pembunuh asli yang ingin memangsa Merida. Matahari mulai muncul ketika Merida selesai menyambungkan kembali karpet keluarganya, segera itu selimuti ibi beruangnya. Namun, sampai matahari terbit pun, ibunya tetap menjadi beruang, Merida menangis sejadi-jadinya menyesali keegoisannya, tanpa disadari ibunya telah kembali menjadi manusia dan kemudian juga meminta maaf kepada anaknya karna telah memaksakan kehendak tanpa memikirkan  perasaan anaknya. Dan semua kembali seperti sedia kala. The End
Pelajaran yang dapat di ambil dari film ini adalah :
1. Jangan memaksakan kehendak semaunya, dengarkan pendapat orang lain.
2. Jangan egois dan berfikir singkat dalam mengambil keputusan karna itu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.
3. Sayangi, dengarkan, dan lakukan apa yang ibu dan ayahmu katakan, karena apapun yang beliau katakan itu untuk kebaikan kita. Namun jika kita tidak suka, maka sampaikan dengan baik tanpa menyakiti hati maupun fisik ibu dan ayahmu.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates