Minggu, 13 November 2011
Pengaruh iklan televisi
Berita
komersial yang lebih kita kenal dengan istilah iklan merupakan info yang
keluarkan dari produsen produk/jasa untuk menarik minat para pembaca/pelihat
dan pendengarnya. Namun iklan yang hadir ditelevisilah yang lebih sering
menjadi konsumsi masyarakat. Tidak jarang slogan-slogan maupun kata-kata yang
disampaikan di iklan menjadi tren tersendiri untuk bahasa “gaul” dalam perbincangan
sehari-hari. Hal ini menjelaskan bahwa betapa besarnya pengaruh iklan televisi
bagi masyarakat.
Baik buruknya
akibat dari iklan ditentukan oleh si pembuaat iklan dan para orang dewasa yang
mendampingi anak-anaknya saat mengkonsumsi semua audio-visual televisi. Bagi anak-anak
mungkin akan mengakibatkan hal negatif jika ada iklan yang menyampaikan slogan
atau kalimatnya dengan bahasa kasar maka anak-anak juga akan mengikutinya karena
sifat mereka yang masih cenderung meniru. Selain itu banyak tanyangan iklan
yang saling menyindir, menjelek-jelekan dan merendahkan saingan produknya. Hal ini
tentu tidak baik jikalau dicontoh oleh anak-anak dalam bersikap sehari-hari. Oleh
karena itu, bagi pembuat iklan dihimbau untuk menggunakan bahasa yang halus dan
meningkatkan kreatifitas tanpa harus menyindir saingannya. J
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)