Kamis, 24 Mei 2012

Gunung Tempat Pembuangan Orang Tua


Gunung Tempat Pembuangan Orang Tua

            Dahulu kala, disuatu desa terdapat peraturan yang mengharuskan orang yang sudah berusia lebih dari 60 tahun harus dibuang ke dalam lembah di hutan. Di desa itu tinggallah seorang petani bernama Taichi. Iya tinggal bersama ibunya yang umurnya hampir menginjak 60 tahun. Pada suatu hari, genaplah umur ibu 60 tahun, berarti tibalah saatnta ibu Taichi dibuang kedalam lembah.
            Taichi mulai mendaki gunung sambil menggendong ibunya untuk dibuang ke lembah. Selama perjalanan ibunya memetik bunga didekatnya dan berulang kali ia lakukan, Taichi yang menyadarinya berfikir bahwa ibunya memberi tanda untuk pulang kerumah. Namun ketika ditanyakan alasan sebenarnya sang ibu malah menjawab bahwa hal yang dilakukannya itu untuk menjadi tanda agar Taichi tidak tersesat saat pulang nanti.
            Hal itu langsung mengubah pikiran Taichi, ia langsung berbalik arah pulang dan memyembunyikan ibunya diruang bawah tanah agar penguasa tidak mengetahui dan menyiksa keluarganya yang lain.
            Suatu hari, penguasa membuat perintah kepada para petani untuk membuat tali jerami yang dipilin dari abu harus segera dibawa ke istana. Taichi segera pulang dan memceritakan perintah dari penguasa kepada ibunya, kemudian sang ibu mengajarkan cara membuatnya dan Taichi membawanya ke istana. Taichi menjadi satu-satunya yang berhasil dan mendapat pujian karenanya.
            Hari selanjutnya penguasa memerintahkan untuk memasukan benang melalui kerang terompet (kerang besar yang bentuknya mirip terompet), kembali ia melaporkan kepada ibunya. Taichi segera melakukan apa yang diajarkan ibunya dan membawa hasilnya kehadapan penguasa. Kali ini penguasa tidak hanya memuji tapi juga menanyakan bagaimana cara ia menyelesaikan perintah-perintah tersebut. Dengan ragu ia menceritkan yang sebenarnya, dan penguasa terharu mendengar penjelasan Taichi dan berfikir bahwa orang tua memang mengetahui banyak hal dan kita harus menghargainya. Sejak saat itu, peraturan pembuangan kedalam lembah di atas gunung pada umur 60 tahun dihapuskan.
            Nasehat yang didapat dari cerita diatas adalah kita harus menghargai orang tua karena mereka lebih mengetahui banyak hal dari pengalaman mereka.


Source : Cerita Rakyat Dari Jepang 2, Keiko Fukamachi

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates