Kamis, 24 Mei 2012

Katak Yang Sombong


Katak Yang Sombong

           Pada suatu musim hujan para katak mengadakan ritual untuk memanggil hujan, hal itu selalu dilakukan setiap pergantian musim kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun. Semua katak selalu bernyanyi bersama untuk memanggil hujan yang lebih besar, namun pada suatu ketika salah seekor katak yang mempunyai suara paling bagus dan merdu meminta agar katak yang lain cukup diam saja menyaksikan ia bernyanyi sendiri. Ia merasa suaranya saja sudah cukup untuk memanggil hujan.
            Hari pertama katak yang lain menuruti keinginannya, begitu pula pada hari kedua dan ke tiga. Namu pada hari keempat beberapa katak muda mulai tidak nyaman dengan kelakuan katak itu. Seperti biasa saat hujan baru turun rintik-rintik ia memerintahkan yang lain untuk diam, namu kali ini si katak muda memotong sebelum ia menyelesaikan kalimatnya.
            Si katak muda mengatakan bahwa didalam tempurung yang ada disisi sungai tempat mereka tinggal ada katak yang suaranya paling merdu sejagat raya dan mengatakan bahwa suara si katak itu tidak bisa menandinginya.
            Ia merasa tertantang dan mulai menarik nafas mengembungkan kantong suara yang ada dilehernya “Kwook” begitu suaranya. Katak muda hanya menggelengkan kepalanya, kemudian katak itu mencoba lagi dengan lebih besar mengembungkan kantong suaranya “Kwoooooo”. Kata muda hanya mengatakan hampir menyamai. Dan kemudian ia mencoba lagi dengan gembung kotak suara yang jauh lebih besar dan “Poooooohhh…” itulah suara yang keluar dari katak yang mengaku bersuara merdu itu, kotak suaranya pecah karena digembungkan terlalu besar dan sekarang ia tidak bisa bernyanyi lagi.
            Si katak muda kemudian mendekatinya dan berkata “sebenarnya didalam tempurung itu sama sekali tidak ada katak yang tinggal disana. Kami hanya ingin kamu tidak egois dan kita bernyanyi bersama seperti dulu. Namun katak itu tidak akan bisa bernyanyi lagi.

Nasehat yang terkandung didalam cerita itu adalah kita tidak boleh sombong dan egois karena cepat atau lambat kita kan menerima ganjarannya.

By : MYG

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates